Kuliah Jurusan Sistem Informasi: Prolog

Hai-hai! Lumayan lama ga ngepost, nih. Sebelum ke tema post ini, gue mungkin mau info atau warning (?) kalau penggunaan kata “saya” atau “gue” di blog gue ini itu pure suka-suka gue aja, sih. Kalau lagi pengen casual ga kaku, ya pake “gue”. Kalau lagi pengen formal-ish, ya pake “saya”. Sama halnya dengan bahasa gaol Jak-Sel, Jak-Bar, .etc, ya. Jadi, maklumkeun.

Yak, jadi saat mengetik ini, gue lagi libur semester 5 yang bakal pindah ke semester 6 di bulan Maret 2019. Emang udah planning buat nge-share everything that I could share tentang perkuliahan yang (kayaknya) only gonna happens once in my lifetime. Jadi, kedepannya akan ada postingan yang entah jadinya bakal panjang apa engga, yang jelas menceritakan pengalaman selama kuliah di jurusan Sistem Informasi di Universitas… ga sebut merek deh. Karena nantinya akan gue ceritain juga behavior pengajar-pengajar dengan inisial. Ehehe..

Kenapa pilih Sistem Informasi?

Sebenernya alasan utama gue simple: karena pengen jurusan ke-komputer-an, tapi yang ga sesulit Teknologi Informasi (menghindari programming).

Alasan lain:

  • Tiap hari kerja pake komputer, main game juga pake komputer. Kayaknya jurusan komputer bisa deh…
  • Di antara berbagai jurusan, gue cuma prefer antara sastra atau komputer. Sempet mikir buat ke arah desain, tapi ga kebayang modalnya…
  • Di 2016 yang merupakan awal gue kuliah, itu gue mikir kedepannya komputer-thingy makin canggih. Gue pilih SI karena supaya ga gaptek (?)
  • Gue jurusan IPS sekolahnya, jadi no deh buat TI.
  • Buat opsi kerjaan (mungkin) jika gue bosan dengan kerjaan saat kini yang ga ada hubungannya dengan IT. Hanya user biasa.
  • Gue itu casual gamer, yang punya temen-temen hampir semuanya jurusan perkomputeran. Terpengaruh (?)

Setelah milih, nyesel nggak?

Hmm… sejauh semester 5 ini gue enggak nyesel dan selalu berusaha do the best. Tapi kan the real deal itu jelang penghujung perkuliahan, so… Mungkin gue simpulkan aja kalau sejauh ini gue ga nyesel. Masalah yang ada di gue adalah, gue ga hobi di bidang ini. Karena kalau hobi, gue akan otodidak rajin caritahu, rajin explore, bahkan rajin ngoding.

“Lucunya adalah, yang rajin bisa juga berprestasi tanpa hobi.” – HA, dosen_super_jenius.

Kok ada ngoding? Katanya menghindari ngoding? Yup, karena gue engga banyak tanya sama orang-orang, gue kira SI itu ga ada coding. Ada, cuy!

“Anak SI harus paham coding, kalo enggak nanti diboongin programmer.” – FA, dosen_realistis.

Jadi, kalau dianalogikan: kalau ada anak SI dan anak TI mau ngerjain tugas ngegambar rumah, yang mikirin gambar kayak gimana yang mau dibuat itu anak SI. Peralatan buat ngegambarnya apa aja, sama tanya-tanya ke guru seperti “Bu/Pak, rumahnya harus deket sawah dan gunung kah? Atau bebas?”, itu kerjaan anak SI. Anak TI kasarnya bisa main game aja waktu anak SI lagi sibuk ngelakuin semua itu. Kalau semua udah siap, anak SI akan ceritain ke anak TI “Ini lho, kita akan gambar rumah pintunya dua, ada jendela disini, blabla.., nanti kita bisa liat ada orang di jendelanya. Dalam dua jam bisa?” Dan anak TI akan ngerjain ngegambar rumah itu dengan deadline yang ditentuin. Trus, dimana bagian analogi diboongin anak IT? Nih, misal anak IT bilang “Wah, gue gambar pintu yang begini lama nih, bisa setengah jam sendiri.” Kalau anak SI ga ngerti cara gambar pintu, anak SI bakal ngangguk-ngangguk setuju aja. Kalau ngerti, anak SI akan “Jangan dong, pintunya yang biasa aja ada list di tengah lu garis, pinggirnya juga kasih garis lagi.”

Kira-kira begitulah. Mon maap ni kalo analoginya kurang jelas, tapi semoga bisa dipahamin. >_<

Gue rasa sekian dulu post prolog ini. Lebih jauh lagi nanti akan gue jabarkan per semesternya tentang mata kuliah apa aja yang gue ambil, isinya belajar apaan aja, total SKS berapa, nilainya juga berapa, dan kok bisa survive tanpa hobi? Nantikan post selanjutnya~

Satu respons untuk “Kuliah Jurusan Sistem Informasi: Prolog

Tinggalkan komentar