Kuliah Jurusan Sistem Informasi: Semester 1

HAI! Much has happened since my latest post about this thing. Mungkin gue info ulang dulu tujuan gue nyeritain ini adalah selain curhatan juga jadi wawasan buat pembaca kece yang selama ini ga tau jurusan Sistem Informasi itu apa dan ngapain. Jadi jangan kayak gue yang nyebur ke jurusan ini tanpa research at all. Supaya ada gambaran dan ga buta banget. Mungkin bisa baca prolog gue juga di https://lifestoryoftia.wordpress.com/2019/02/03/kuliah-jurusan-sistem-informasi-prolog/ kalo mau tau alasan gue ambil jurusan ini di perkuliahan. Jadi tanpa berbacot lagi, gue lanjut aja ya.

Fyi, yang gue ceritain di sini hanya tentang kelas terkait ya. Kelas kayak TOEFL, Agama, itu gue ga bahas di sini. Dan kelas yang gue jabarkan di Semester 1 di kampus tempat gue kuliah belum tentu sama dengan kampus yang kalian pilih. Juga tolong perhatian.

“Kuliah itu belajar, kalau nggak tau materinya ya jangan takut atau kuatir, karena wajar.” – Gue

Kelas: Algoritma dan Pemrograman

Jiper. Itu yang pertama gue rasain waktu nunggu kelas pertama di perkuliahan gue. Karena beberapa orang yang tidak gue kenal saat itu yang lagi nunggu kelas bersama di koridor kampus, mereka kenalan satu sama lain dan kurang lebih percakapan kayak gini:
Mr. A: “Gue (sebut nama), lu ada basic coding?”
Mr. B: “Gue (sebut nama), engga banyak, tapi html gue tau lah”
Gue: (dalam hati: “..hah?”)
Itu adalah percakapan yang terdengar di kiri kanan gue.

Gue kemudian merasa paling bodoh. Dan sudah ada sebongkah pemikiran ‘mungkin-gue-salah-pilih-jurusan’ sejak dini. Ditambah lagi, gue tidak sadar bahwa kelas pertama yang gue injak adalah kelas Algoritma dan Pemrograman. Ga ada tuh gue tau menau apa itu Algoritma. Kirain kelas matematika. Begitu dosennya dateng dan ngajar, mampus. Berasa kayak lagi dengerin guru mandarin ngajar, ga ngerti apa-apa! Sampai saat dosennya nanya mahasiswa/i-nya background kerjaannya dari bidang apa aja, gue merasa.. oh, gak cuma gue kok yang ga ngerti apa-apa. Lega.

Yang diajarin di kelas ini, adalah basic pengertian algoritma itu sendiri, dan pengaplikasiannya di pemrograman. Untuk paham cara berpikir sebelum kita ngetik kode-kode yang terlihat gaje, supaya bisa jadi program.

Nah, ini cuplikan tugas di kelas ini ya.

Tugas Algoritma dan Pemrograman

Ini adalah se-fruit tugas yang gue bikin. Jujur gue dah sangat lupa.. kok bisa gue bikin beginian sih waktu itu? Receh pulak :’)
Dan setiap tanda atau huruf yang diketik di sana, itu berarti lho. Kalau salah, bisa jadi hasil programnya ga bisa ngasih output sesuai yang kita mau, atau bahkan programnya ga bisa running sama sekali / error / nge-bug. Gue sih sewaktu tugas itu jadi dan berhasil running, ada kebahagiaan dan kenorakan tersendiri gitu.

Btw, dosen gue adalah Mrs. Y. Dosen yang agak jutek, jarang dateng tepat waktu, tapi knowledgenya OK.

Diajarin ngoding dengan logika = ngoding di papan tulis. Ini dosennya yang nulis bukan gue tentunya.

Dan kelas ini ada ujian tertulis dan praktikum. Tertulisnya ya tentang konsep algoritma, ada juga ngoding di kertas. Praktikumnya ya ngoding sampe running.

Para pembacaku, ku bukan mau nakutin kalian ya. Ini supaya kalian tau konten yang dipelajarin apa aja. Dan juga perlu diinget kalau gue super nol pengalaman ngoding. Dan menurut gue, konten yang gue share fotonya itu LEARNABLE. Tergantung preferensi aja. Jangan takut dulu, okay? Gue akan share bobot SKS dan nilainya. Ini gue ga ngarang sama sekali (silahkan hubungi gue buat liat transkrip nilai asli ya!)

Kelas: Algoritma dan Pemrograman
SKS: 4
Nilai: A

Kelas: Pengantar Teknologi Informasi

Kelas ini ga seberat kelas Algoritma. Kalau kalian di sekolah ada terima pelajaran tentang teknologi atau komputer, ini mirip. Materi awal itu ngebahas apa itu teknologi, sejarah komputer gimana, komponen PC ada apa aja, apa itu hardware, apa itu software, dsb. Di sini ga ada ngoding. Judulnya aja pengantar, jadi mengenalkan.

Tugas Pengantar Teknologi Informasi

Nah itu cuplikan tugasnya ya begitu. Tapi itu yang termudah. Yang tersulit adalah cara ngitung binary number. Tapi ada rumusnya kok tenang aja, diajarin.

Dosennya adalah Mr. H. Dosen tertampan yang ngajar di jurusan gue. Orangnya gaul dan asik, mungkin karena masih muda juga sih..

Kelas: Pengantar Teknoogi Informasi
SKS: 2
Nilai: A

Kelas: Pengantar Manajemen

Dosennya dosen favorit gue si Mr. L :’) Tapi beliau sudah almarhum.. Dia terakhir ngajar itu di semester 6 atau 7-nya gue. I miss him!

Kenapa belajar manajemen? Bukannya itu kelas anak Ekonomi? No. Manajemen itu luas. Manajemen meliputi sistem informasi pun ada. Jadi yang membedakan anak SI dan TI secara signifikan itu adalah TI lebih fokus di program yang dibuat untuk solve masalah, sedangkan SI menjangkau program dan lingkungannya. Seperti usernya, lingkungannya, kebutuhannya, dsb. Jadi porsi coding SI < TI.

Tugas Pengantar Manajemen

Setiap kelasnya cuma materi yang boleh dibilang hafalan atau pemahaman aja sih. Jadi tugas besarnya itu bikin makalah aja.

Kelas: Pengantar Manajemen
SKS: 2
Nilai: A

Kelas: Sistem Informasi Manajemen

Lah manajemen lagi? Apa bedanya? Beda. Karena ini yang udah bener-bener terjun ke Sistem Informasi. Kalau tadi kan hanya pengantarnya. Serupa tapi tak sama.
Dosennya adalah Mrs. S. Beliau baik banget dan lemah lembut. Saking lembutnya, kalau ngajar sering bikin hampir ketiduran. Apalagi kelas gue itu kan kelas karyawan yang udah lelah seharian di kantor kerja.

Untuk tugas saya tidak punya contoh tugasnya. Tapi semua seputar materi hafalan dan pemahaman. Jadi ga sulit lah yaa.. Asal kuat dengerin penjelasan dosennya ga tidur.

Ohya, di kelas ini adalah pengalaman pertama gue jadi ketua kelas. Gue itu pickable sebagai ketua kelas karena duduk selalu di depan dan menonjol secara fisik. LOL
Tapi dari pengalaman pertama ini gue jadi merasa ‘oh gue mending jadi ketua kelas di kelas lain juga’, lho.

Kelas:Sistem Informasi Manajemen
SKS: 2
Nilai: A

Oke sekian pengalaman di Semester 1. Sebenernya kelasnya masih banyak lagi tapi mata kuliahnya yang berhubungan erat sama Sistem Informasi aja yang gue bahas ya. Thanks for reading! See u at 2nd Semester’s story!

Tinggalkan komentar